Selasa, 25 Desember 2018

Batu Ginjal - Gejala, Penyebab, Faktor Risiko, Pengobatan

Batu Ginjal

Batu ginjal adalah penyakit saluran kemih yang paling umum. Kerikil dapat berada di mana saja di saluran kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra pria (uretra wanita sangat pendek sehingga tidak ada batu yang dibuat). Batu ginjal telah bermanifestasi cukup bervariasi, dari diam-diam menyebabkan cairan stasis tanpa gejala hingga kram perut.

Apa itu penyakit ginjal?

Batu ginjal adalah kristal padat yang terbentuk di ginjal dari zat-zat dalam urin. Proses ini disebut batu ginjal. Batu ginjal mungkin kecil atau besar hingga beberapa sentimeter. Batu-batu besar mengisi panggul ginjal dan tabung yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih (ureter) disebut batu koral. Batu ginjal memiliki banyak penyebab dan dapat mempengaruhi bagian mana pun dari saluran kemih - dari ginjal hingga kandung kemih Anda.

Apa saja gejala dan tanda batu ginjal?

Sekitar sepertiga dari populasi memiliki batu ginjal, tetapi hanya setengah dari mereka memiliki gejala. Namun, bahkan ketika tidak ada gejala, batu dapat menyebabkan banyak masalah, seperti infeksi dan penyumbatan aliran urin.

Ketika batu-batu itu terperangkap di ureter, gejalanya mulai muncul. Gejala yang paling umum adalah nyeri hebat (kolik ginjal) yang kemudian hilang dan biasanya berpindah dari pinggul (tulang rusuk) ke perut bagian bawah (perut) dan ke skrotum. Gejala lain termasuk:
  • Nyeri punggung, paha, selangkangan, alat kelamin
  • Hematuria
  • Mual dan muntah
  • Dingin menggigil
  • Demam
  • Nyeri ginjal konstan
  • Buang air kecil mendesak
  • Berkeringat

Anda mungkin mengalami gejala dan tanda lain yang tidak disebutkan. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang tanda-tanda penyakit, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

Kapan Anda perlu ke dokter?

Anda perlu ke dokter jika Anda memiliki gejala-gejala ini. Secara khusus, Anda harus mencari bantuan medis segera jika Anda memiliki gejala seperti:

  • Rasa sakitnya sangat parah sehingga Anda tidak bisa duduk diam
  • Nyeri disertai mual dan muntah
  • Nyeri disertai demam dan kedinginan
  • Air seni memiliki darah
  • Sulit buang air kecil

Apa yang menyebabkan batu ginjal?

Batu-batu dapat terbentuk jika urin mengandung terlalu banyak bahan kimia tertentu, seperti kalsium, asam urat, sistin atau struvite kerikil (campuran fosfat, magnesium dan amonium). Diet tinggi protein dan minum terlalu sedikit air dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Sekitar 85% batu ginjal terbentuk dari kalsium. Selain itu, ada lebih banyak batu asam urat yang terjadi lebih sering jika gout hadir, dan batu struvite lebih sering terbentuk dalam urin yang terinfeksi (batu yang terinfeksi).

Siapa yang sering menderita batu ginjal?

Batu ginjal adalah penyakit umum lainnya. Siapa pun dapat terkena batu ginjal, tetapi penyakit ini lebih sering terjadi pada orang dewasa berusia 40 tahun ke atas. Anda dapat membatasi peluang Anda sakit dengan mengurangi faktor risiko. Silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk informasi lebih rinci untuk kasus Anda.

Faktor-faktor apa yang meningkatkan risiko batu ginjal?

Anda akan berisiko jika:

  • Beberapa orang dalam keluarga menderita batu ginjal;
  • Makan terlalu banyak garam atau gula;
  • Obesitas;
  • Penyakit atau operasi pada saluran pencernaan seperti enteritis atau diare kronis dapat mengubah proses pencernaan sehingga mempengaruhi kemampuan Anda untuk menyerap kalsium dan air;
  • Beberapa penyakit seperti asidosis tubulus ginjal, sistinuria, hiperparatiroidisme, infeksi saluran kemih dan obat-obatan tertentu digunakan.

Perawatan yang efektif

Informasi yang diberikan tidak menggantikan saran dari profesional kesehatan. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Apa teknik medis yang digunakan untuk mendiagnosis batu ginjal?

Dokter menggunakan riwayat medis, pemeriksaan klinis dan tes urin. Jika perlu, dokter Anda mungkin juga akan melakukan rontgen perut atau ultrasonografi. Tes ini akan mendeteksi sebagian besar jenis batu (kalsium, sistin dan kerikil struvite). Namun, sinar-X tidak dapat melihat batu asam urat atau batu kecil. CT scan urin adalah cara yang efektif untuk mendiagnosis batu ginjal dan mencari gangguan lain yang dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan batu ginjal.

Jika kesimpulannya masih belum jelas, dokter Anda dapat melakukan tes sinar-X khusus (pielogram intravena, atau IVP). Dalam tes ini, kontras digunakan untuk membuat ulang gambar saluran kemih dan untuk menemukan batu.

Metode apa yang digunakan untuk mengobati batu ginjal?

Perawatan untuk batu ginjal tergantung pada banyak faktor, seperti ukuran dan jumlah, lokasi batu ginjal dan apakah infeksi terjadi. Kebanyakan batu ginjal kecil dapat berkemih secara alami tanpa bantuan dokter.

Cara paling sederhana untuk mengobati batu ginjal kecil adalah dengan minum banyak air agar tubuh terlepas. Dokter Anda mungkin meresepkan penghilang rasa sakit dan antibiotik jika ada tanda-tanda infeksi.

Jika batu ginjal tidak dapat keluar sendiri, Anda harus pergi ke rumah sakit untuk melakukan perawatan lain termasuk:

  • Ureteroskopi : dokter akan menggunakan alat tipis panjang dengan teleskop untuk mencari batu. Alat ini dimasukkan ke dalam uretra dan kandung kemih untuk mencapai ureter. Setelah menemukan batu, dokter dapat menghilangkan atau memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan laser;
  • Extracorporeal wave lithotripsy (ESWL ): ini adalah metode menggunakan gelombang kejut untuk memecah batu menjadi potongan-potongan kecil yang dapat dilepaskan.
  • Operasi pengangkatan batu ginjal : jika batu ginjal terlalu besar atau dalam posisi di mana tidak mungkin untuk menggunakan metode ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy), dokter Anda mungkin menyarankan operasi untuk menghilangkannya.

Kebiasaan hidup apa yang membantu Anda membatasi perkembangan batu ginjal?

Kebiasaan hidup berikut dapat membantu Anda membatasi perkembangan batu ginjal:

  • Gunakan obat sesuai petunjuk
  • Ikuti saran dokter Anda tentang diet
  • Minumlah banyak air, setidaknya 2-3 liter sehari
  • Hubungi dokter Anda jika Anda merasakan gejala yang lebih parah

Batu ginjal cukup umum. Langkah paling efektif untuk mencegah batu ginjal adalah dengan minum banyak air, mengendalikan asam urat dengan baik dan infeksi saluran kemih. Obat penyakit dalam untuk melarutkan batu memiliki efek yang sangat terbatas, sehingga intervensi bedah hampir merupakan satu-satunya cara untuk mengobati batu ginjal secara menyeluruh. Jika Anda memiliki batu ginjal atau sering kambuh, Anda harus menemui spesialis ginjal untuk mencari tahu penyebab batu yang lebih spesifik seperti peningkatan kalsium darah dan hiperparatiroidisme. Diet kaya kalsium diperlukan dan bukan penyebab batu ginjal, jadi jika Anda memiliki batu ginjal, Anda harus tetap mempertahankan susu dan produk susu.

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk nasihat tentang dukungan perawatan terbaik. Baca juga: Obat penghancur batu ginjal

Posted by: Cara alami mengobati batu ginjal
Disqus Comments