Kamis, 27 Desember 2018

Makanan ini Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

Makanan ini Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

Berikut adalah makanan yang harus Anda makan dengan jumlah sedang untuk melindungi kesehatan Anda.

Makanan yang kaya akan oksalat

Batu ginjal terbentuk oleh akumulasi kalsium oksalat, sehingga mengonsumsi makanan yang kaya akan oksalat dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Oksalat dalam urin yang dikombinasikan dengan kalsium akan membentuk batu ginjal kalsium-oksalat. Makanan kaya oksalat harus menghindari bayam, okra, bit, kangkung, seledri, susu kedelai, stroberi dan lobak Swiss.

Sarden

Orang yang berisiko terkena batu ginjal asam urat harus menghindari makanan kaya purin seperti sarden. Sejumlah besar purin dalam tubuh meningkatkan kadar asam urat dalam urin dan menyebabkan batu ginjal asam urat. Makanan kaya purin lainnya yang harus Anda batasi adalah ikan teri, organ hewani, bacon, scallop, udang, dan kue ragi.

Daging merah

Makan terlalu banyak daging merah dengan kandungan protein tinggi dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Alasannya adalah karena metabolisme protein akan membatasi ekskresi buih, sehingga ini memiliki efek signifikan pada ginjal. Proses pertukaran protein dari daging hewani juga menyisakan sejumlah besar asam dalam tubuh.

Minuman berkarbonasi

Minum minuman berkarbonasi secara teratur, seperti soda, minuman berenergi dan beberapa jus botol juga meningkatkan risiko pengembangan batu ginjal. Sebuah penelitian tahun 2007 yang dipublikasikan mencatat bahwa minuman berkarbonasi mengandung asam fosfat yang menyebabkan perubahan urin dan meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

Karbohidrat olahan (gula halus, nasi putih, tepung olahan ...) membuat tubuh memproduksi insulin tingkat tinggi, dan membuat kalsium dari tulang tetap berada di saluran kemih. Ini mengarah pada pembentukan batu ginjal kalsium-oksalat. Sebaliknya, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan hanya menghasilkan sejumlah kecil glukosa dan insulin dalam darah.

Kafein

Sejumlah besar kafein dari makanan atau minuman dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urin dan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan menemukan bahwa asupan kafein dapat meningkatkan risiko pembentukan batu kalsium-oksalat. Kafein juga memiliki efek diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil dan dapat menyebabkan dehidrasi, yang merupakan salah satu faktor risiko batu ginjal.

Pemanis buatan

Banyak dari kita menggunakan pemanis buatan alih-alih gula saat minum kopi atau teh untuk mengurangi kalori. Namun, pemanis buatan dapat mengurangi fungsi ginjal jika digunakan terlalu banyak. Selain itu, banyak pemanis buatan juga meningkatkan kadar asam urat dalam darah, yang mengurangi fungsi eliminasi ginjal.

Minum terlalu banyak alkohol

Alkohol bertindak sebagai diuretik, yang dapat menghasilkan dan meningkatkan dehidrasi. Meidganggu fungsi ginjal, mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melepaskan asam urat, yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Makan asin

Makan terlalu banyak garam (natrium) dapat menyebabkan batu ginjal. Natrium yang tinggi menyebabkan tubuh menahan udara dan ginjal tidak dapat digunakan untuk mengeluarkan natrium dari tubuh. Bahkan meningkatkan kadar sitrat (inhibitor batu ginjal) dalam urin. Selain itu, kadar natrium yang meningkatkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan gagal jantung dan stroke. Baca juga: Bahaya batu ginjal

Posted by: Obat batu ginjal
Disqus Comments